Dalam rangka merayakan ulang tahun Forest Management Students’ Club (FMSC) ke-47 yang bersamaan dengan hari bakti rimbawan pada tanggal 16 Maret 2022, FMSC mengadakan kegiatan penanaman bibit bersama siswa SMK Bhakti Rimba Bogor dengan tema PAIJO yang merupakan akronim dari Pasukan Hijau. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Maret 2022 ini diikuti oleh Feni Amyar Aningtiyas, Muhammad Arya Duta Hidayat, Rafly Setiawan, Sarah Agustin, Chandra Puspita Maharani, Tanzilla Purawiyanggi Putri, Adara Carissa, Haviar Maladzan, Sekar Sari, Eva Trio Maria, dan Nizar Sholihin sebagai perwakilan dari Forest Management Students’ Club (FMSC) dan siswa-siswi SMK Bhakti Rimba Bogor kelas 12 sejumlah 50 siswa.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 dengan diawali doa bersama supaya kegiatan berjalan dengan lancar setelah itu dilanjutkan menuju ke tempat penanaman bibit di Perumahan Ambar Mutiara Ciomas. Sesampainya disana, siswa SMK Bhakti Rimba dibagi menjadi 5 kelompok dengan masing-masing kelompok diampu oleh 2 penanggung jawab kelompok dari FMSC. Setelah bergabung dengan kelompoknya masing-masing, penanggung jawab kelompok memberikan pembekalan materi seputar penanaman dimulai dari penyiraman, penyulaman, pemupukan, pemangkasan cabang, pembersihan jalur, pendangiran, pengendalian hama dan penyakit, serta penjarangan. Materi ini diberikan untuk menambah dan memperdalam wawasan teman-teman seputar penanaman sekaligus sebagai bahan untuk sesi ice breaking yang diadakan setelah kegiatan penanaman selesai. Pembekalan materi berlangsung dari pukul 09.30 sampai 10.15, peserta memperhatikan pemaparan materi dengan seksama dan antusias dengan melemparkan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Setelah sesi pembekalan materi dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu penanaman. Penanaman dilakukan oleh setiap kelompok pada 5 titik penanaman yang sudah ditentukan. Peserta terlihat antusias dan bersemangat dengan kegiatan ini walaupun penanaman dilakukan dibawah terik matahari yang cukup menyengat. Setelah kegiatan penanaman selesai pada pukul 11.00 dilanjutkan dengan sesi ice breaking, kegiatan ini dilakukan sebagai hiburan sekaligus menjalin keakraban bersama siswa SMK Bhakti Rimba Bogor. Kegiatan berlangsung dengan meriah dimana masing-masing kelompok berusaha menjadi pemenang dengan menjawab soal sebanyak mungkin hingga mendapatkan satu kelompok yang menjadi pemenang. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan yaitu sesi foto bersama dan jargon FMSC yang diucapkan serentak oleh peserta dan anggota FMSC, serta pemberian hadiah kepada kelompok pemenang. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran mencintai lingkungan melalui penanaman bibit bersama untuk bumi yang lebih hijau dan lestari serta mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) ke-15 yaitu life and land atau melindungi, memulihkan, dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan), dan menghambat, membalikkan degradasi tanah, serta menghambat hilangnya keanekaragaman hayati karena jika bukan kita lalu siapa lagi? Jika bukan sekarang lalu kapan lagi? Start today for a better life tomorrow.

 

 

Penulis: Feni Amyar Aningtiyas

Penyunting: Fathya Shafrina Karyadi