Waktu merupakan sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar kita bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Waktu tidak dapat diulang, tidak dapat bergerak seperti yang diinginkan, dan tidak bisa diperlambat atau dipercepat. Oleh sebab itu, manajemen waktu dibutuhkan dalam membuat suatu perencanaan dengan produktivitas waktu yang tepat. Manajemen waktu memiliki beberapa manfaat terutama dalam suatu organisasi, yaitu:

  1. Membantu individu atau organisasi dalam menentukan prioritas, misalnya menentukan tingkat urgensi dalam melakukan sebuah aktivitas,
  2. Mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan,
  3. Mencegah terjadinya bentrok waktu dalam melakukan pekerjaan sekaligus,
  4. Membantu proses evaluasi terhadap hasil pekerjaan individu atau organisasi.

Begitu pula dalam kehidupan pribadi, manajemen waktu yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu untuk pekerjaan dan juga untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Manfaat manajemen waktu bagi kehidupan pribadi antara lain:

  1. Kemampuan individu dalam mencapai produktivitas dan efisensi yang lebih besar,
  2. Memiliki reputasi professional yang lebih baik,
  3. Terhindar dari tekanan atau stress,
  4. Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan kesempatan karir yang lebih baik.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengatur waktu dengan baik:

  1. Membuat skala prioritas, salah satunya dengan membuat daftar list tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang tugas yang terpenting untuk diselesaikan,
  2. Disiplin waktu, sikap disiplin ini yang akan membawa kita agar pekerjaan yang ada tidak menumpuk dari waktu ke waktu dan bisa secepatnya diselesaikan,
  3. Fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, apabila sudah membuat daftar tugas yang harus diselesaikan, fokuslah untuk menuntaskan pekerjaan tersebut,
  4. Mengatur waktu untuk jangka panjang, jika dirasa waktu senggang dan dirasa semua tugas sudah terselesaikan, cobalah untuk menggunakan waktu senggang tersebut untuk merencanakan kegiatan jangka panjang atau mengatur target apa yang harus dicapai dalam rentang waktu tertentu.

 

Referensi

https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen-waktu.html

https://pakdosen.co.id/pengertian-manajemen-waktu/

 

Penulis: Yohana Natalia R

Penyunting: Fathya Shafrina Karyadi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.