Tim Ekspedisi Manajemen Hutan 2019 Siap Menjajaki Hutan Kemasyarakatan di Tanggamus, Lampung

Posted on Posted in Kehutanan Umum

Perhutanan Sosial merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bertujuan melakukan pemerataan ekonomi serta mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar, yaitu: lahan, kesempatan usaha dan sumberdaya manusia. Masyarakat di sekitar kawasan hutan berhak mengelola hutan Negara seluar 12,7 juta hektar yang tersebar di seluruh Indonesia dan dapat diakses melalui Peta Indikatif dan Areal Perhutanan Sosial (PIAPS). Adapun pengelolaan kawasan hutan ini terbagi menjadi lima skema, yaitu Hutan Desa (HD), Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Adat (HA), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), dan Kemitraan Kehutanan.

Demi menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Himpunan Mahasiswa Manajemen Hutan Forest Management Students’ Club (FMSC), Fakultas Kehutanan, IPB akan melaksanakan Ekspedisi Manajemen Hutan yang mengangkat tema Perhutanan Sosial agar anggotanya dapat belajar dan mengimplementasikan ilmunya secara nyata di masyarakat.

Processed with VSCO
*Tim Ekspedisi Manajemen Hutan 2019

Ekspedisi Manajemen Hutan merupakan salah program kerja Himpunan Mahasiswa Manajemen Hutan Forest Management Students’ Club (FMSC) IPB yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Terhitung dari tahun 2018, Ekspedisi Manajemen Hutan termasuk ke dalam rangkaian kegiatan megaproker FMSC yaitu National Environomic and Social Talk (NEST) bersamaan dengan Seminar Nasional dan Lomba Esai.

Tahun ini, ekspedisi diikuti oleh 34 orang Mahasiswa Manajemen Hutan angkatan 53 dan 54 serta seorang dosen pendamping dari Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Kegiatan akan dilaksanakan pada 31 Juli s.d. 8 Agustus 2019  yang bertempatkan di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Beringin Jaya, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Processed with VSCO
*Pelepasan Tim Ekspedisi Secara Simbolis pada Senin (20/05/2019)

HKm Beringin Jaya dipilih karena memiliki beberapa prestasi seperti juara 1 tingkat nasional lomba wana lestari pada tahun 2016, mendapatkan pinjaman lunak senilai 1,76 miliar rupiah oleh bank BRI, mendapatkan pinjaman dana bergulir (BLU) senilai 3,3 miliar rupiah, serta kerjasama dengan lembaga ataupun perusahaan lainnya dalam bidang pemasaran hasil hutan. Dengan dilaksanakannya kegiatan di HKm Beringin Jaya diharapkan tim dapat mendapatkan ilmu yang dapat diimplementasikan oleh HKm lain.

Program kerja FMSC ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena sosial, ekonomi, dan lingkungan terdampak HKm, menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder kehutanan (masyarakat sekitar hutan, pengelola HKm, dan pemerintahan), serta sekaligus meningkatkan kapabilitas mahasiswa kehutanan khususnya mahasiswa Manajemen Hutan IPB di bidang kehutanan. Ekspedisi juga digunakan sebagai studi kasus yang akan dibawakan pada seminar nasional tentang perhutanan sosial nantinya.

Poster Utama
*Poster Ekspedisi Manjemen Hutan 2019

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mendapatkan ilmu dan pembelajaran secara nyata yang terjadi di lapang khususnya di bidang kehutanan, serta merupakan ajang mengimplementasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan ke masyarakat. Semoga segenap tim dilancarkan dalam melaksanakan kegiatan ekspedisi tahun ini. Aamiiin.

LineGoogle GmailWhatsAppGoogle+FacebookTwitterEmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *