Rimbawan Go Global

Posted on Posted in Kehutanan Umum

Go global

Seringkali perihal sektor kehutanan tidak semata-mata hanya urusan dalam negeri. Hutan merupakan aset negara yang manfaatnya pun dirasakan oleh berbagai negara yang ada di bumi. Beranjak dari hal ini pula maka banyak sekali negara-negara maju yang sering mengintervensi berbagai kebijakan kehutanan dalam negeri.

Hutan menjadi barang publik lintas negara karena fungsinya sebagai pengatur tata air dan pemberi pasokan oksigen untuk makhluk hidup. Rusaknya hutan di negara satu akan mempengaruhi keadaan lingkungan di negara lainnya.

Lebih dari itu apabila kita berbicara tentang Daerah Aliran Sungai (DAS), suatu DAS bila terletak di lebih dari satu negara maka urusan hutan pun menjadi sangat vital. Hutan yang rusak di daerah hulu DAS yang terletak di satu negara akan mengakibatkan hilir DAS yang berada di negara lainnya menerima akibat dari rusaknya DAS.

Di Indonesia sendiri masalah sektor kehutanan seperti kebakaran hutan telah menyebabkan kerugian bagi negara jiran, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Banyak jadwal penerbangan yang dibatalkan akibat kabut asap yang diekspor Indonesia. Indeks kesehatan udara di negara mereka pun memburuk akibat kebakaran tersebut.

Pentingnya RImbawan untuk Meng-global

Sektor kehutanan merupakan salah satu sektor yang penting untuk mengglobal. Kegiatan luar negeri seperti konferensi perubahan iklim dan pemanasan global, kesepakatan perdagangan produk kehutanan, dan kerja sama dalam hal konservasi berbagai flora dan fauna di Indonesia perlu dilakukan. Berdasarkan alasan-alasan inilah sudah saatnya rimbawan untuk go global.

Hubungan bilateral; Sustainable Development Goals (SDGs); sertifikasi produk ramah lingkungan seperti FLEGT, FSC atau PEFC; dan perdagangan internasional merupakan hal-hal yang perlu dipahami rimbawan masa kini, di samping memahami berbagai teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang.

Hal mendasar untuk bergelut di dunia internasional yang perlu dipersiapkan adalah bahasa. Keterampilan berbahasa merupakan kunci untuk memahami ilmu-ilmu lainnya. Berbagai materi bahasa Indonesia sudah mesti mutlak saat ini kita kuasai, dan hal yang lebih penting adalah penguasaan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Bahasa internasional sendiri merupakan pintu gerbang untuk berkecimpung dalam dunia internasional.

Rimbawan saat ini harus go global. Jangan hanya diam merundungi masalah yang tiada kunjung henti di negeri sendiri. Kesempatan di luar batas Indonesia masih terbuka lebar, ayo rimbawan Indonesia meng-global!

 

Sumber :

https://bahasa.foresteract.com/

https://foresteract.com/pemanasan-global/

LineGoogle GmailWhatsAppGoogle+FacebookTwitterEmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *