Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Tak mau kalah saing, FMSC Sukses Gelar Seminar Nasional Perdananya yang Mengusung HHBK & Perhutanan Sosial

Pekan kemarin merupakan salah satu pekan berharga FMSC. Tepat di hari Minggu lalu, FMSC bekerjasama dengan Pusat Informasi Kehutanan telah melaksanakan salah satu kegiatan besarnya yang pertama kali, yaitu Seminar Nasional Manajemen Hutan 2017. Rangkaian acara ini terdiri dari lomba karya tulis ilmiah dan seminar nasional itu sendiri. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diselenggarakan pada hari Sabtu 21 Oktober 2017, sedangkan Seminar Nasional Manajemen Hutan 2017 diselenggarakan pada hari Minggu 22 Oktober 2017.

Lomba karya tulis diikuti oleh peserta yang tergabung dalam beberapa tim dari beberapa universitas di Indonesia, yaitu: 3 tim dari Universitas Gadjah Mada, 3 tim dari Universitas Palangka Raya, 1 tim dari Universitas Mulawarman, serta 1 tim dari Universitas Sumatera Utara. Pemenang dari lomba karya tulis ilmiah nasional tersebut diumumkan pada saat seminar nasional di hari Minggu, 22 Oktober 2017. Juara pertama untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Manajemen Hutan 2017 diraih oleh Universitas Mulawarman dengan beranggotakan Fitriani, Siti Sofiatun Nofiah, Dahusnanda Prasetya. Juara kedua berhasil diraih oleh Universitas Gadjah Mada dengan beranggotakan Risandika Astanovia Dewi, Nining Ardianti, serta Nia Isnaeni. Sedangkan juara ketiga berhasil diraih oleh Universitas Palangka Raya dengan beranggotakan Sumiati Simanullang, Erawati, serta Elma Wona Purba. Setiap kelompok tersebut membawa inovasi yang unik terkait dengan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu sesuai dengan tema yang diangkat dalam seminar nasional FMSC kali ini.

1

Gambar 1. Pemberian hadiah kepada pemenang lomba LKTIN

Seminar nasional pada hari Minggu sendiri terdiri dari 2 sesi yangmana sesi pertama Seminar Nasional dihadiri oleh beberapa pembicara hebat sebagai narasumber yaitu Ir. Hargyono M.Sc. selaku direktur Bina Usaha Perhutanan Sosial dan Hutan Adat pada Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Prof. Dr. Ir. Nurheni Wijayanto M.S. sebagai guru besar ilmu agroforestri Institut Pertanian Bogor, dan Dr. Ir. Dwi Sudharto M.Si selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Sesi tersebut dipimpin oleh seorang moderator Wira Nastainul Hakim, S.Hut, yang merupakan alumni mahasiswa manajemen hutan sekaligus mahasiswa pertukaran pelajar ke University of British Colombia.

myhome_3

Gambar 2. Sesi foto bersama sesi pertama seminar nasional manajemen hutan 2017

Sesi kedua seminar nasional manajemen hutan 2017 juga tidak kalah hebat dengan sesi pertama, yakni pemaparan hasil Ekspedisi Manajemen Hutan 2017 terkait dengan pengelolaan hasil hutan non kayu, khususnya untuk spesies Shorea javanica (Dammar Gum), di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung pada bulan Juni 2017. Pemaparan hasil ekspedisi tersebut dipimpin oleh seorang moderator yang juga merupakan alumni mahasiswa manajemen hutan sekaligus delegasi Indonesia dalam Simposium Kehutanan dan Lingkungan di Srilanka, M. Iskandar, S.Hut.

myhome_2

Gambar 3. Sesi foto bersama sesi pemaparan hasil ekspedisi manajemen hutan 2017

Selain pemateri yang hebat, Gentra Kaheman (tengah), Mery Celeste (kiri), serta Rainy of 15(kanan) juga turut hadir untuk mengisi penampilan hiburan di tengah-tengah materi yang disampaikan oleh narasumber. Seminar nasional pertama yang diselenggarakan oleh FMSC ini sangat disambut oleh antusiasme para peserta seminar yang umumnya merupakan mahasiswa fakultas kehutanan Institut Pertanian Bofor. Semoga seminar nasional pertama tersebut bisa menjadi langkah awal FMSC untuk semakin maju lagi ya guys! (A.H. dan Luvya)

myhome_0myhomemyhome_1

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *