Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

FMSC Lakukan Kunjungan Ke Badan Informasi Geospasial

Badan Informasi Geospasial atau BIG merupakan lembaga pemerintahan non kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada presiden. Lembaga ini sengaja dibentuk untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial dasar. Tahun 1938 di bawah pemerintahan Hindia Belanda, BIG mulai didirikan dengan sebutan Permanter Kaarterings-Commissie (Komisi Tetap untuk Pemetaan). Namun pada tahun-tahun selanjutnya komisi ini terus mengalami perubahan hingga pada tahun 1969 namanya berubah menjadi Badan Komando Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) berdasarkan Kepres No. 63 Tahun 1969. Tahun 2011, berdasarkan amanat Undang-Undang Pasal 22 Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, BIG lahir sebagai pengganti BAKOSURTANAL. Lahirnya BIG ini ditandai dengan penandatanganan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2011 mengenai Bada Informasi Geospasial. Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc. Eng. yang saat ini memiliki kedudukan selaku kepala utama BIG membangun visi utama BIG yakni menjadi integrator penyelenggaraan informasi geospasial sebagai landasan pembangunan Indonesia.

Senin, 17 Juli 2017, himpunan mahasiswa manajemen hutan (Fores Students’ Management Club) melakukan kunjungan ke BIG dalam rangka menjalankan salah satu program himpunan yaitu forestry visit. Forestry visit merupakan program untuk mengunjungi instansi/perusahaan yang berkaitan dengan kehutanan. Tujuan dari forestry visit itu sendiri adalah untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa kehutanan mengenai kehutanan secara umum dan aplikasi kehutanan dalam dunia kerja nantinya. Selaku badan penyedia informasi geospasial dasar, BIG sangat berkaitan erat dengan kehutanan, khususnya dalam bidang manajemen hutan. Pemetaan merupakan salah satu bagian dari manajemen hutan yang terdapat dalam bidang perencanaan.

Kunjugan tersebut turut ditemani dengan hadirnya dosen pendamping dari Departemen Manajemen Hutan, Ibu Nining Puspaningsih. Selain pemberian materi secara umum, mahasiswa manajemen hutan juga diperkenankan untuk mengelilingi beberapa bagian kantor dari BIG serta diajarkan dalam penggunaan salah satu alat pengambil potret udara. Pemberian trik dan tips dalam pengolahan data hasil potret udara juga diajarkan oleh salah satu pegawai BIG. Harapan ke depannya, pengetahuan mahasiswa manajemen hutan dapat bertambah luas dan juga hubungan kerjasama antara BIG dengan IPB dapat terus terjalin. (A.H.)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *