Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Yuk Kenali Kelompok Studimu Lebih Dekat! (bagian 4: Kelompok Studi Sosial, Ekonomi, dan Kebijakan)

Kelompok Studi Sosial, Ekonomi dan Kebijakan berperan dalam menyikapi isu politik, sosial, dan ekonomi masyarakat di sekitar hutan serta mempehatikan pengelolaan hutan dan kebijakannya. Kegiatan KS Sosek diantaranya adalah kajian rutin di tataran mahasiswa maupun bersama dosen. KS Sosek juga melakukan kunjungan ke beberapa lembaga terkait kehutanan, antara lain: perhutani, LSM Sajogyo, Forci, Puslitbang, Pusdiklat, dan KLHK. Proker andalan KS Sosek yaitu ESM (Ecological Social Mapping), dimana KS ini bekerjasama dengan kedua KS lain (Perencanaan dan Hidrologi) untuk mensukseskan proker ini.  Output yang dihasilkan dari setiap kegiatan yaitu berupa artikel, essay, ataupun PKM.

Apa kata mereka tentang KS Sosek?

“Kelompok Studi Sosek  merupakan kelompok studi yang berperan dalam menyikapi isu, politik, sosial, dan ekonomi maasyarakat sekitar hutan serta memperhatikan pengelolaan hutan dan kebijaknnya. Saya  selaku penanggung jawab sangat berharap kepada semua orang yang ada di KS ini dapat berkembang dan mendalami ilmu ini lebih baik dari sebelumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya saya tidak mungkin berjalan sendiri, saya disini membutuhkan kerjasama, bimbingan, dukungan, serta kritikan dari semua anggota demi tercapainya KS yang lebih baik lagi” (Adi Nugroho, PJ KS Sosek FMSC 2016/2017)

“KS Sosek adalah kumpulan mahasiswa yang memiliki keberanian dan mental yang kuat untuk berada langsung di lapangan menghadapi segala bentuk permasalahan sosial, ekonomi, kebijakan dan lain-lain. Belajar cara menghadapi bermacam bentuk sifat dan karaker orang juga bisa didapatkan disini, karena proker-proker dari kelompok studi ini mendukung untuk hal tersebut, seperti adanya kajian dan ESM (Ecological Social Maping). Kalau ingin menjadi menantu yang memiliki jiwa sosial dan mental yang kuat dapat belajar di KS Sosek” (Gianitra Hidayat, Anggota KS Sosek 2015/2016)

“KS sosek menurut saya adalah salah satu kelompok studi keilmuwan yang unik dan menarik. Unik disini karena KS ini mengkaji semua hal, mulai dari lapangan (kondisi sosial ekonomi kehutanan) hingga hingga kajian kehutanan diatas kertas (kebijakan kehutanan). Menariknya disni karena KS ini butuh orang-orang yang tentunya bukan hanya jago dalam mengelola suatu tegakan, akan tetapi dituntut juga untuk mengelola sumber daya manusia sekitar hutan, agar terwujud pengelolaan hutan lestari yang kita cita-citakan.” (Rio Firmansyah, PJ KS Sosek FMSC 2015/2016)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *