Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Yuk Kenali Kelompok Studimu Lebih Dekat! (bagian 3: Kelompok Studi Hidrologi Hutan)

Kelompok studi (KS) Hidrologi Hutan merupakan salah satu kelompok studi dari empat kelompok studi yang ada di Himpunan Profesi Forest Management Students’ Club (FMSC), Departmen Manajemen Hutan (DMNH), Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Kelompok studi ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang hidrologi atau air, khususnya hidrologi hutan.

Periode 2016-2017, KS Hidrologi Hutan diketuai oleh Fernanda Achmad Darmawan, mahasiswa manajemen hutan angkatan 51. Adanya KS ini sama seperti kedua KS sebelumnya yang telah dibahas di postingan sebelumnya, dapat membantu para mahasiswa/mahasiswi manajemen hutan, khususnya tergabung dalam KS Hidrologi Hutan, untuk mempelajari lebih jauh mengenai ilmu-ilmu yang terdapat  pada hidrologi hutan seperti perhitungan debit sungai, limpasan, presipitasi, intersepsi, runoff, troughfall, stemflow, curah hujan, dan masih banyak lagi. Mempelajari ilmu-ilmu tersebut bagi anggota KS Hidrologi Hutan sebenarnya merupakan suatu keunggulan tersendiri, karena anggota dapat secara langsung mempraktikkan ilmu yang dipelajari di perkuliahan hidrologi hutan lebih dulu dibanding teman-teman yang belum bergabung di KS ini.

Beberapa kegiatan yang terdapat pada KS Hidrologi Hutan diantaranya adalah kegiatan keilmuan yang biasa disebut kajian dan kegiatan karya ilmiah (seperti PKM dan karya tulis lainnya). Salah satu kajian yang pernah dilakukan pada periode sebelumnya adalah pengenalan Automatic Water System (AWS) atau alat penghitung curah hujan otomatis. Kajian tersebut tidak hanya berupa materi seperti kuliah saja tetapi juga diperlihatkan dan diajarkan langsung cara pemasangan alat tersebut hingga penggunannya oleh dosen hidrologi DMNH, Bapak Nana.

20160227_124856

Selain itu KS Hidrologi juga tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Beberapa anggota KS Hidrologi pernah ikut serta menjadi panitia dalam lomba bersih-bersih sungai Ciliwung yang diadakan oleh KPC. KS Hidrologi juga ikut berperan dalam program kerja utama FMSC, yaitu Ecology Social Mapping (ESM). Anggota KS Hidrologi pada program ini berperan sebagai tim peneliti di bidang hidrologi, yang mana tim peneliti bertugas mengamati kualitas dan kuantitas air di wilayah penelitian.

19288

19272

KS ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan kegiatan lapang karena KS ini lebih banyak menerapkan kegiatan secara langsung dibandingkan teori. Untuk kalian yang tidak pandai berenang tidak perlu khawatir, karena kegiatan di KS ini tidak hanya seputar berenang saja, namun sudah jelas KS ini selalu berhubungan dengan air.  Jadi, pastikan kalian yang akan memilih KS ini tidak takut air yaa!

 (Fadlika)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *