Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Seminar Hasil Ekspedisi FMSC 2016

Seminar Hasil Ekspedisi FMSC merupakan program kerja terkahir FMSC tahun 2016. Program kerja ini merupakan kegiatan pemaparan hasil ekspedisi FMSC yaitu EHHBK (Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu) dan ESM (Ecological Social Mapping) serta press release beberapa program kerja FMSC, diantaranya BHR (Bina Hutan Rakyat) dan Study Banding FMSC – UPM (Universiti Putera Malaysia). Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari minggu 27 November 2016 bertempat di Auditorium FMIPA (Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam) IPB. Agenda seminar diawali oleh hiburan berupa seni tari . selanjuntya agenda yang dialukan berupa tilawah oleh M. Salas (MNH 51) dan sambutan sambutan diantaranya pembina FMSC 2015/2016 Dr. Ir. Ahmad Budiaman, M.Sc F.Trop, Ketua FMSC 2015 Priyandi Prawiro (MNH 50) dan ketua pelaksana seminar hasil ekspedisi FMSC 2016 Senza fajri (MNH 50). Setelah itu, agenda langsung dilanjutkan dengan pemaparan hasil ekspedisi ESM (Ecological Social Mapping) dan EHHBK (Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu). Pemaparan hasil ini dimoderatori oleh Faris Almay (MNH 49).

Ekspedisi FMSC merupakan kegiatan pengaplikasian keilmuan manajemen hutan di lapangan. Kegiatan ini melibatkan anggota kelompok studi FMSC di pada ekspedisinya. Setiap ekspedisi dalam kegiatanya mengusung tema tersendri. ESM yang dilaksanakan di desa Tamanjaya, Taman Nasional Ujung Kulon mengambil tema Analisis Kehidupan Masyarakat Desa Hutan : Petakan Masyarakat untuk Pengelolaan yang lebih baik. Tema ini diambil sesuai dengan kebutuhan desa yang sudah diketahui oleh tim peneliti melalui survey pendahuluan. ESM melibatkan tiga kelompok studi , diantaranya kelompok studi perencanaan, sosek dan hidrologi. EHHBK (Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu) yang dialksanakan di Taman Nasional Alas Purwo mengambil tema Pendugaan Potensi Cabe Jawa (Piper retroviactum Valh). Tema ini diambil lantaran ingin meningkatkan eksistensi cabe jawa dengan nilai potensinya kepada masyarakat. EHHBK melibatkan dua kelompok studi, diantaranya kelompok studi perencanaan dan pemanfaatan. Pemarana hasil kedua ekspedisi pada seminar hasil FMSC 2016 diwakili oleh perwakilan anggota kelompok studi setiap ekspedisinya. Pemaparan hasil ESM diwakili oleh Rio Firmansyah (Sosek), Maria Ulfah (Perencanaan) dan Lintang Chayaningrum (Hidrologi). Sedangkan pemaparan hasil EHHBK hanya diwakili oleh satu presentator yaitu Aspit Ranuwijaya (MNH 50). Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan hasil ekspedisi oleh tim pembahas. Tim pembahas merupakan dosen pembimbing setiap ekspedisinya, dimana ESM dengan tim pembahas  Dr. Ir. Yulius Hero, M.Sc dan EHHBK dengan tim pembahas Dr. Ir. Ahmad Budiaman M.Sc F.Trop. setelah itu ada perwakilan dari pihak TNUK , yaitu bapak FIrmanto yang memberikan penjelasan menegenai keadaan TNUK terhadap kondisi desa Tamanjaya. Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan diskusi panel antara peserta seminar dengan pemapar hasil ekspedisi.

Agenda selanjutnya dilakukan berupa hiburan . Hiburan yang dilakukan berupa akustik yang ditampilkan oleh Moch. Alre (MNH 50) dan Fachry Purnama (MNH 50). Selanjutnya diadakan press release dari dua proker unggulan FMSC diantaranya Bina Hutan Rakyat yang dipresentasikan oleh Faiz Septianda (MNH 50) dan Study Banding FMSC-UPM yang di presentasikan oleh Indah Suryani Ginting (MNH 51).

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *