Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Riung FMSC 2016

RIUNG FMSC? Riung FMSC merupakan acara perkenalan himpro FMSC bagi mahasiswa Departemen Manajemen Hutan angkatan baru. Setiap mahasiswa baru yang masuk Departemen Manajemen Hutan wajib mengikuti acara ini. Sebelumnya acara ini dikenal dengan nama Temu Manager, namun dengan mengingat tujuan diadakan acara ini kembali dirasa perlu membuat nama baru maka tercetuslah nama Riung FMSC yang artinya berkumpulnya anggota baru di dalam wadah FMSC. Acara ini didesain sedemikian rupa dengan berbagai rangkaian acaranya untuk memperkenalkan FMSC. Bukan hanya sekedar mengenalkan FMSC ke peserta baru tetapi untuk lebih menanamkan esensi rasa kekompakan, kebersamaan, dan kekeluargaan diantara anggota FMSC sehingga dapat menjadi generasi yang akan membawa FMSC semakin baik kedepannya.

Acara ini ada di bawah program kerja divisi PSDM FMSC 2016. Divisi ini bertugas untuk mengembangkan sumberdaya manusia yang ada di FMSC baik itu bersifat internalnya maupun mengembangkan softskill dari anggotanya agar profesional dalam menjalankan tugas dan amanah yang dibebankan kepada anggota FMSC. Acara Riung FMSC ini diamanahkan pelaksanaannya kepada angkatan 51 yang diketuai oleh Agellion Pestisall Santoso dengan bimbingan SC dan senior yang dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2016 di Auditorium Sylva Pertamina Fahutan IPB. Rangkaian acaranya terdiri dari pengenalan internal FMSC beserta divisinya oleh ketua FMSC Priyandi Prawiro Wicahyo dan kepala divisi yang ada di FMSC (Divisi Infokom, Divisi Onet, Divisi PSDM, Divisi Foundrising dan Divisi Keprofesian), dilanjutkan dengan pengenalan Kelompok Studi (KS) yang ada di FMSC (KS Perencanaan, KS Pemanfaatan, KS Sosek, dan KS Hidrologi), kemudian sharing FMSC yang di isi oleh alumni FMSC berprestasi dan ketua-ketua FMSC pada kepengurusan sebelumnya, dan terakhir peserta diajak untuk membuat suatu rancangan kegiatan sesuai kelompok studi yang telah ditentukan untuk pengembanagan kegiatan-kegiatan FMSC ke depan.

Secara umum acara Riung FMSC ini dinilai sukses dengan dibuktikannya antusias dari peserta dalam mengikuti acara ini. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dari setiap sesi yang disampaikan.  walaupun hanya dilaksanakan dalam satu hari, namun keterwakilan konsepan acara dalam menggambarkan FMSC dapat tersampaikan dengan baik. Dibalik konsepan acara perkenalan himpro ini juga tersirat nilai-nilai dan transfer ilmu kepada peserta baru untuk lebih dapat mengakrabkan diri dengan sesamanya maupun angkatan atas, lebih peduli terhadap sesama, dan dapat lebih meningkatkan rasa kekeluargaan sehingga internal Manajemen Hutan angkatan 52 dapat menjadi generasi yang akan memajukan FMSC.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *