Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

Benda Sederhana Pengukur Aliran Sungai

 Pengukuran Panjang Sungai

Pengukuran Panjang Sungai

Bola pingpong merupakan bola yang biasanya digunakan untuk bermain dan berolahraga tenis meja. Namun di dunia kehutanan, khususnya di bidang hidrologi, benda sederhana ini mampu menjadi alat untuk mengetahui aliran air di sutu sungai. Bagaimanakah caranya? Yuk simak ulasan berikut!

            Hidrologi merupakan suatu bidang ilmu yang membahas segala sesuatu tentang air, dimulai dari proses terbentuknya, ketersediannya, sampai pendistribusian dari air itu sendiri. Air di muka bumi ini seperti kita ketahui tidak pernah bertambah dan berkurang, hanya saja bentuk pendistribusiannya yang menyebar secara merata atau tidak. Salah satu kegiatan dalam bidang hidrologi adalah menghitung debit aliran suatu sungai. Metode paling sederhana dari pengukuran debit aliran sungai di lapang adalah metode pelampung. Apa itu metode pelampung?

            Metode pelampung merupakan metode yang digunakan untu mengetahui kecepatan aliran  dengan prinsip mencari besarnya waktu yang dibutuhkan oleh suatu pelampung pada jarak tertentu. Cara pegukuran metode ini cukup mudah yaitu dengan membentangkan tali  tambang untuk mengukur lebar sungai, kemudian sungai dibagi menjadi beberapa segmen. Setiap segmen diukur tingginya dengan menggunakan bilah bambu yang telah ditempeli meteran jahit. Data tinggi tersebut digunakan untuk menghitung luas penampang sungai yang diamati. 

Lalu apa fungsi dari bola pingpong? Bola pingpong digunakan untuk mengetahui kecepatan aliran pada sungai tersebut. Caranya adalah melemparkan bola pada jarak tertentu di setiap segmen kemudian hitung waktu yang dibutuhkannya. Pengukuran dilakukan tiga kali agar didapatkan data yang akurat. Setelah data rerata kecepatan aliran dengan bola pingpong didapatkan, maka data rerata kecepatan aliran ini dimasukkan ke dalam rumus untuk dikalikan dengan total luas sehingga nilai debit sungai didapatkan. Pelampung disini dapat berupa sembarang benda yang dapat terapung, tidak hanya bola pingpong saja, seperti gabus, kayu, dan lain-lain.

Bagaimana?  Bola pingpong ternyata sangat bermanfaat bukan?

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *