Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

FMSC Menuju EHHBK 2016

HHBK3Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu (E-HHBK) merupakan salah satu program kerja dari himpunan profesi Forest Management Students’ Club periode 2015-2016 dibawah naungan Divisi Keprofesian, yaitu salah satu kegiatan inventarisasi sumberdaya hutan untuk mengidentifikasi dan menduga potensi hasil hutan bukan kayu yang terdapat di kawasan hutan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi , Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan dua bidang fokus keilmuan Manajemen Hutan yang dituangkan dalam bentuk Kelompok Studi (KS) yaitu KS Pemanfaatan dan KS Perencanaan. Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu (E-HHBK) juga merupakan kegiatan eksplorasi yang bertujuan untuk mengenalkan jenis-jenis beserta sebaran hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang ada di kawasan hutan dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pihak pengelola kawasan hutan dalam perencanaan pengelolaan kawasan hutan tersebut. EHHBK tahun ini akan lebih difokuskan untuk megkaji potensi liana cabai jawa dikarenakan potensinya yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar

Kegiatan EHHBK ini dimulai dari survey lokasi penelitian. Berdasarkan hasil survey dan studi literatur, tim peneliti akan membuat rancangan metode penelitian. Metode penelitianyang dibuat oleh tim peneliti tersebut yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan data di lapang.

Kegiatan pengambilan data di lapang dilakukan selama enam hari. Tim peneliti melakukan agendanya masing-masing selama enam hari tersebut sesuai yang terjadwal pada susunan acara. Setelah melakukan pengambilan data, tim penelitiakan melakukan sharing mengenai agenda yang telah dijalankan sebagai bahan evaluasi untuk agenda selanjutnya.

Setelah semua data yang dibutuhkan sudah lengkap, maka kegiatan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data dan mengkajinya berdasarkan bidang keilmuaan masing-masing KS yang telah diajarkan di Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB. Setelah itu, hasil pengolahan data tersebut akan diseminarkan. Kemudian hasil dari E-HHBK akan diberikan kepada pihak yang terkait agar dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan hutan.

ditulis oleh : Gilang Raihan (MNH 50)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *