Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

MENGENAL LEBIH TENTANG KELOMPOK STUDI HIDROLOGI

 

hidrologi

Kelompok studi hidrologi merupakan bagian dari divisi keprofesian yang tergabung dalam himpunan profesi Forest Management Students’ Club (FMSC). Kelompok studi hidrologi mewadahi mahasiswa Manajemen Hutan untuk mengembangkan minat dan bakat dalam kaitannya hidrologi hutan. Saat ini, periode kepengurusan FMSC 2014-2015 kelompok studi hidologi dipimpin oleh Sofiatun (E14120057) selaku penanggung jawab Kelompok Studi (KS) yang merupakan mahasiswa Departemen Manajemen Hutan angkatan 49. Salah satu dosen Hidrologi Hutan sekaligus sebagai pembina yang akan mengarahkan KS Hidrologi adalah Bapak Dr. Ir. Hendayanto M.Agr.

Program kerja yang telah disusun KS Hidrologi meliputi kajian mengenai hidologi hutan, kunjungan ke BMKG, susur sungai bersama Komunitas Pecinta Ciliwung (KPC), mempelajari alat yang berhubungan dengan hidrologi dan kunjungan ke bendungan katulampa. Dengan adanya program kerja tersebut, diharapkan mahasiswa Manajemen Hutan dapat mengetahui isu-isu mengenai hidrologi hutan dan mampu melakukan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) terpadu. Selain itu, mahasiswa Departemen Manajemen Hutan diharapkan nantinya menjadi Rimbawan yang mampu menjadi pengambil keputusan mengenai hidrologi dalam kaitannya mengatasi permasalahan DAS dari hulu menuju ke hilir.

Kajian mengenai hidrologi dilaksanakan berupa diskusi bersama pembina maupun alumni yang telah berpengalaman dalam bidang hidrologi hutan. Ruang lingkup hidrologi hutan dan pengelolaan DAS sangat luas, komprehensif dan multidisiplin. Multidisiplin berarti menyangkut beberapa disiplin ilmu seperti GIS, geologi dan tanah serta unsur iklim. Kegiatan berupa kunjungan ke BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) sangat diperlukan untuk menunjang dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota KS Hidrologi. Program kerja lainnya adalah susur sungai bersama Komunitas Pecinta Ciliwung (KPC) dimaksudkan menanamkan rasa saling memiliki dan menjaga sungai agar terjaganya kualitas air bersih untuk pemanfaatan dalam jangka panjang.

Selain program kerja tersebut, KS Hidrologi ikut andil dan memiliki peranan penting dalam kegiatan utama Himpunan Profesi FMSC yaitu Ecological Social Mapping (ESM) 2015. Dalam kegiatan ESM 2015, KS Hidrologi berkolaborasi bersama dengan KS Sosek dan KS perencanaan untuk melakukan penelitian keadaan sosial masyarakat sekitar hutan dan seberapa jauh ketergantungan masyarakat terhadap hutan. Kontribusi KS Hidrologi nantinya sebagai peneliti dalam pemetaan penggunaan air oleh masyarakat sekitar. (Iman Tochid, 2015)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *