Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

KELOMPOK STUDI HIDROLOGI FMSC BELAJAR DARI STASIUN KLIMATOLOGI DARMAGA, BOGOR

Kelompok Studi

Kelompok studi hidrologi adalah kelompok studi dibawah divisi keprofesian Forest Management Club (FMSC) IPB. Kelompok studi hidrologi beranggotakan 23 orang, pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2015 kelompok studi hidrologi mengadakan kegiatan kunjungan ke stasiun klimatologi. Kunjungan ini bertujuan untuk pengenalan alat-alat klimatologi dan juga sebagai pengalaman lapang melihat langsung alat-alat yang digunakan dalam kesehariannya di stasiun itu sendiri. Kunjungan dilakukan pukul 09.00-11.30 WIB di stasiun klimatologi ditemani oleh para pemandu dari stasiun klimatologi bagian unit kerja pengamatan.

            Saat kunjungan kami dibawa untuk mengamati dan lebih mengenal alat-alatklimatoogi tersebut. Adapun alat-alat yang sempat kami lihat antara lain, Campbell Stokes, Penakar Hujan Obs., Penakan Hujan Hellman, Cup Counter Anemometer, Open Pan Evaporimeter, Thermometer Tanah Berumput, Gun Bellani, Kessner & Piche Evaporimeter, Psychrometer, Barometer, Towering Climatology, Lysimeter, HV Sampler, AWS (Automatic Weather Station), Seismograph, Aktinograph. Masing-masing alat tersebut memiliki keguanaan. Berikut adalah keguanaan dari masing-masing alat:

  • Campbell Stokes merupakan alat yang digunakan untuk mencatat lama penyinaran matahari dengan satuan persen (%).
  • Penakar Hujan Obs. merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya curah hujan dengan satuan milimeter (mm). Jam pengamatan setiap jam 07.00 WIB.
  • Penakar Hujan Hellmann adalah alat penakar hujan otomatis yang berguna sebagai alat pencatat intensitas hujan dengan satuan mm/jam. Jam pengamatan setiap jam 07.00 WIB.
  • Cup Counter Anemometer adalah alat pengukur kecepatan angin rata-rata dengan satuan yang digunakan adalah Km/Jam. Jam pengamatan alat tersebut adalah jam 07.00, 14.00, 18.00 WIB.
  • Open Pan Evaporimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya penguapan permukaan tanah berumput atau ada yang gundul dengan menggunakan satuan milimeter (mm). Jam pengamatan alat tersebut adalah jam 07.30, 13.30, 17.30 WIB.
  • Thermometer Tanah Berumput merupakan alat yang digunakan untu mengukur suhu tanah pada permukaan tanah berumput atau ada yang gundul dengan satuan yang digunakan adalah derajat celcius (°C). Jam pengamatan alat tersebut adalah jam 07.30, 13.30, 17.30 WIB.
  • Gun Bellani merupakan alat yang digunakan untuk mengukur intensitas matahari dengan satuan Calori/cm2/menit. Jam pengamatan alat tersebua adalah ajam 07.00 WIB.
  • Kessner & Piche Evaporimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya penguapan pada ruangan dengan satua alat tersebut adalah milimeter (mm). Jam pengamatan alat tersebuat adalah pada jam 07.30, 13.30, 17.30 WIB.
  • Psychrometer adalah alat ukur unsur tanah, suhu maksimal atau minimal, dan kelembaban udara dengan satua alat adalah suhu=°C, kelembaban=%. Jam pengamatan alat tersebut adalah pada jam 07.00-22.00 tiap jam.
  • Barometer adalah alat pengukur besarnya tekanan udara dengan satuan mb. Jam pengamatan alat tersebut adalah pada jam 07.00-2.00 WIB setiap jam.
  • Towering Climatology adalah tempat untuk pengukur dan pencatat unsur cuaca mikro. Ketinggian alat tersebut adalah 4 m, 7 m , dan yang paling diatas adalah 10 m.
  • Lysimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah evapotranspirasi sebidang tanah bervegetasi secara langsung dengan satuan milimeter (mm). Jam pengamatan alat tersebut adalah pada jam 17.00 WIB.
  • HV Sampler adaah alat yang diguanakan untuk mengetahui tingkat konsentrasi polutan di udara.
  • AWS (Autmatic Weather Station) adalah alat otomatis pengukur dan pencatat unsur cuaca.
  • Sismograph adalah alat pencatat gempa
  • Aktinograp adalaha alat pencatat radiasi matahari dengan satuan cal/cm2/menit.

Data-data yang diperoleh di stasiun ini akan dikomunikasikan dengan stasiun klimatologi pusat. Data-data ini selalu diperbarui setelah jam pengamatan dilakukan.

Itulah hasil kunjungan kelompok studi hidrologi ke stasiun klimatologi, setelah selesai melakukan pengamatan tidak lupa kita melakukan foto bareng bersama para pemandu kita dan tak lupa memberikan sedikit kenang-kenangan kepada pihak pemandu sebagai ungkapan rasa terimkasih atas ilmu dan wawasan yang telah diberikan (Sofiatun MNH 49)

Dokumentasi

Penakar Hujan

Gb 1. Penakar Hujan Hellman

 Open Pan Evaporimeter

Gb 2. Open Pan Evaporimeter

Campbel Stokes

Gb 3. Campbell Stokes

 Aktinograph

Gb 4. Aktinograph

 Psychrometer

Gb 5. Psychrometer

Penakar Hujan Obs

Gb 6. Penakar Hujan Obs.

  Seismograph

Gb 7. Seismograph

 AWS

 Gb 8. AWS

Cup Counter Anemometer

Gb 9. Cup Counter Anemometer

 Pemberian materi oleh pemandu

   Gb 10. Pemberian materi yang disampaikan oleh pemandu

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *