Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

ECOLOGICAL SOCIAL MAPPING (ESM) 2015, MENUJU TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

BANNER ESM

Ecological Social Mapping merupakan salah satu program kerja dari  himpunan profesi Forest Manajement Students’ Club, yaitu kegiatan untuk mengidentifikasi skema interaksi sosial ekonomi masyarakat sekitar hutan. Kegiatan ini melibatkan tiga bidang fokus keilmuan Manajemen Hutan yang dituangkan dalam bentuk Kelompok Studi (KS) yaitu, KS Perencanaan hutan, KS Hidrologi Hutan dan KS Sosial Ekonomi Kehutanan. Tiga KS tersebut yang merancang metode pengambilan data ESM. Tema ESM 2015 yaitu “Analisis Kehidupan Masyarakat Desa Hutan : Petakan Masyarakat untuk Pengelolaan Hutan yang Lebih Baik.” Pengambilan data ESM tahun ini akan diadakan pada tanggal 27 juni – 5 juli  2015, sedangkan seminarnya akan diadakan pada Oktober bersamaan dengan seminar Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu 2015.

Program ESM (2011 & 2012) merupakan program pemetaan interaksi antara masyarakat dengan sumber daya hutan yang diadakan di Desa Hagermanang-Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi.  Program ESM 2013 yang memetakan  Kondisi Sosial-Ekonomi dan Interaksi Masyarakat Desa hutan dengan Kawasan Hutan Sekitarnya (Studi Kasus Kampung Kembang Kuning, Jasinga Bogor). Sedangkan pada tahun 2014 ESM dilaksanakan di Desa Citorek Kidul, Lebak Banten (Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Pada tahun ini ESM akan dilaksanakan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua tim yaitu tim peneliti dan tim panitia. Tim peneliti bertugas untuk mengambil data di lapangan sedangkan tim panitia bertugas untuk mengakomodasi kegiatan secara keseluruhan. Kegiatan ini dimulai dari survey lokasi penelitian yaitu Desa di sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai. Berdasarkan hasil survey dan studi literatur, tiap kelompok studi akan membuat rancangan metode penelitian. Metode penelitian dari tiap KS tersebut yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan data di lapang.

Kegiatan pengambilan data di lapang dilakukan selama sembilan hari. Tiap KS melakukan agendanya masing-masing selama empat hari tersebut sesuai yang terjadwal di susunan acara. Setelah melakukan pengambilan data, tim panitia dan tim peneliti akan melakukan sharing mengenai agenda yang telah dijalankan sebagai bahan evaluasi untuk agenda selanjutnya.

Pada tahun 2015 ini kegiatan ESM ini  memiliki acara tambahan baru yaitu kegiatan pendidikan lingkungan untuk anak- anak di Desa Seda. Target anak-anak yang kita berikan pendidikan lingkungan adalah Siswa SD( Sekolah Dasar) acara ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak di desa Seda akan penting hutan di Indonesia yang nantinya langsung dikaitkan kepada 4 KS (Kelompok Studi) yang ada di FMSC.

Setelah semua data yang dibutuhkan sudah lengkap, maka kegiatan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data dan mengkajinya berdasarkan bidang keilmuaan masing-masing KS. Setelah itu, hasil pengolahan data tersebut akan diseminarkan. Kemudian hasil dari ESM ini akan diberikan kepada pihak Taman Nasional Gunung Ciremai agar dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan Taman Nasional secara terpadu bersama masyarakat selain itu  akan diberikan pula kepada Desa terkat serta kepentingan-kepentingan untuk pertanggungjawaban kegiatan.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *