Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

FMSC MENUJU KEGIATAN EKSPLORASI HASIL HUTAN BUKAN KAYU 2015

HHBK

Eksplorasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) merupakan salah satu program kerja dari himpunan profesi Forest Manajement Students’ Club, yaitu kegiatan untuk mengidentifikasi dan menghitung potensi hasil hutan bukan kayu yang terdapat di Resort Cisoka, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kegiatan ini mengambil tema “Potensi HHBK di kawasan hutan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan”. Waktu Kegiatan Eksplorasi HHBK ini berlangsung dari tanggal 27 Juni sampai 4 Juli 2015 di lapang, di Resort Cisoka, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Seminar setelah Eksplorasi HHBK yaitu bulan Oktober 2015. Eksplorasi HHBK melibatkan satubidang fokus keilmuan Manajemen Hutan yang dituangkan dalam bentuk Kelompok Studi (KS) yaitu KS Pemanfaatan.

Eksplorasi HHBK merupakan kegiatan untuk menginventarisasi potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) menginventarisasi potensi HHBK yang ada di kawasan hutan yang hasilnya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi serta mengkaji berdasarkan ilmu yang telah dipelajari oleh Mahasiswa Manajemen Hutan Institut Pertanian Bogor. Bidang fokus keilmuan yang dituangkan oleh Departemen Manajemen Hutan dalam bentuk Kelompok Studi (KS) Pemanfaatan Sumberdaya Hutan. KS Pemanfaatan Hutan akan merancang metode yang akan digunakan untuk mengambil data Eksplorasi HHBK.

Setelah semua data yang dibutuhkan sudah lengkap, maka kegiatan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data dan mengkajinya berdasarkan bidang ilmu yang telah diajarkan di Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB. Luaran kegiatan ini adalah peserta dapat mengetahui potensi HHBK yang terdapat di Resort Cisoka, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Sedangkan manfaat bagi masyarakat sekitar hutan yaitu masyarakat diharapkan dapat mengetahui dan memanfaatkan potensi HHBK yang berada di daerah tersebut untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, bagi pihak pengelola kawasan hutan yaitu pengelola mengetahui potensi HHBK yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi eksploitasi sumberdaya hutan terutama kayu, dan bagi para pihak industri dapat mengetahui HHBK yang terdapat di areal tersebut untuk memproduksi barangnya.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *