Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

KEGIATAN BINA HUTAN RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR

BHR3

“BINA HUTAN RAKYAT” Merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola hutan rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan. Kegiatan “BINA HUTAN RAKYAT” iniakan dilakukan dalam beberapa rangkaian kegiatan. Adapun pelaksanaan terdiri dari tiga kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu yang berbeda.

Kegiatan pertama merupakan monitoring, merupakan kegiatan untuk mengetahui perkembangan dan mengevaluasi hasil dari tanaman yang telah ditanam sebelumnya. Dalam kegiatan monitoring ini dilakukan pengambilan data, yaitu pohon yang mati, dan pohon yang sehat serta kendala-kendala selama proses pertumbuhan. Kegiatan monitoring ini sudah dilakukan pada hari sabtu tanggal 25 April 2015 yang dilakukan sepuluh orang panitia. Teknik pengambilan data dilakukan oleh petani dan panitia dengan sensus terhadap tanaman yang telah mereka tanam pada tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil monitoring kepada kelompok masyarakat yang menerima bibit dengan jumlah 5000 pohon yaitu tanaman akasia (Acacia mangium), kayu Africa (Maesopsis emini), Jati putih (Gmelina arborea), Suren (Toona Sureni), kepada 37 petani hutan. Diperoleh data jumlah tanaman yang pada tahun sebelumnya ditanam ada 234 bibit yang mati dalam penampungan, 433 bibit mati setelah ditanam, dari total 5000 bibit yang diberikan tersisa 4333 bibit yang hidup. Dari data tersebut tidak perlu dilakukan penyulaman karena tumbuhan yang mati hanya 8.6 % (Membuktikan penanaman 5000 pohon tersebut berhasil) dan ondisi cuaca yang tidak memungkinkan yang sudah memasuki musim kemarau, melainkan harus dilakukan tindakan selanjutnya yaitu pemeliharaan (berupa penyiangan, pendangiran, dan pemupukan)

Kegiatan kedua adalah pemaparan hasil monitoring (serta tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan) dan penyuluhan agroforestry. Pemaparan hasil monitoring ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan penanaman pada tahun lalu. Penyuluhan agroforestry bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar selain hasil kayunya. Agroforestry yang dimaksud adalah lebih difokuskan pada tumpangsari yang berupa tanaman nanas. Teknis yang dilakukan pada kegiatan kedua ini dengan mengundang dosen Fakultas Kehutanan IPB sebagai pemateri untuk pemaparan. Kegiatan “BINA HUTAN RAKYAT” 2015 akan dilaksanakan di kelompok Tani Taruna Tani, Desa Karya Sari, Leuwiliang, Bogor. Diakhir kegiatan ini akan dilakukan praktik langsung dari teori yang sebelumnya dijelaskan. Praktik lapangnya akan dilaksanakan di kawasan tegakan pohon milik petani Taruna Tani.

Kegiatan ketiga yaitu pendidikan lingkungan yang ditujukan kepada siswa/siswi SD berusia 8-10 tahun, dimana mereka diberikan materi dan pembekalan terkait pentingnya penanaman pohon dan penghijauan pada daerah hutan rakyat. Selanjutnya akan dilakukan pula praktik langsung oleh anak-anak tersebut berupa cara-cara penanaman pohon. Setelah Kegiatan tersebut anak-anak yang bersangkutan diberi bibit persatu orang untuk ditanam disekitar rumah mereka. Aksi lingkungan ini bertujuan agar siswa/siswi SD tersebut mendapatkan pngetahuan terkait pentingnya menjaga lingkungan hidup dan penyangga kehidupan kehiatan BHR ini juga kami kaitkan dengan program pemerintah yang berupa “Kecil Menanam Besar Memanen” dengan harapan mereka dapat merasakan hasil dari penanaman yang mereka lakukan. KegiatanBINA HUTAN RAKYAT” 2015  ini akan dilaksanakan pada 30 Mei 2015. Nantikan Aksi FMSC di BHR 2015!

BHR BHR2 BHR3 BHR4

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *