Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

KELOMPOK STUDI PERENCANAAN FOREST MANAGEMENT STUDENTS’ CLUB

logo ks perencanaanKelompok studi Perencanaan merupakan kelompok studi yang difokuskan pada pembinaan dan pelatihan kemampuan dan kecakapan mahasiswa managemen hutan yang tergabung dalam himpunan profesi Forest Management Students’ Club (FMSC). Penanggung Jawab Kelompok Studi (KS) Perenccanaan saat ini adalah Sardianto (E14120038) yang merupakan mahasiswa Manajemen Hutan angkatan 49 dengan Pembina KS Bapak Priyanto, S.Hut., M.Si. Anggota Kelompok Studi Perencanaan atau lebih dikenal sebagai Planner, akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pembelajaran tentang bidang-bidang perencanaan kehutanan. Output dari kegiatan pembinaan dan pelatihan di KS Perencanaan adalah terbentuknya forester yang memiliki kemampuan dalam bidang perencanaan hutan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan KS Perencanaan adalah pelatihan penggunaan alat ukur pohon dan pemetaan wilayah, pendalaman materi GPS, dan Kegiatan Bhakti Masyarakat.
Pelatihan penggunaan alat ukur pohon dan pemetaan wilayah adalah kegiatan pelatihan yang bertujuan agar mahasiswa manajemen hutan mampu memahami dan menggunakan alat ukur pohon seperti pita ukur, haga hypsometer, Spiegel relaskop, phiband, caliper, bitterlich stick, garpu pohon, Biltmore stick, dan alat ukur dimensi pohon lainnya. Kemampuan dalam penggunaan berbagai alat ukur dimensi pohon tersebut sangat berguna dalam kegiatan perencanaan kehutanan terutama dalam bidang inventarisasi sumberdaya hutan. kegiatan inventarisasi sumberdaya hutan sangat berkaitan dengan pendugaan potensi hutan serta kegiatan pemetaan wilayah. Selain kegiatan pelatihan penggunaan alat ukur, dalam KS Perencanaan juga dilakukan pelatihan tentang pemetaan wilayah. Pemahaman tentang pemetaan wilayah sangatlah penting, mengingat luas hutan Indonesia yang belum terpetakan secara pasti masih sangatlah luas. Selain kegiatan yang berkaitan dengan keprofesian di bidang manajemen hutan, KS Perencanaan juga melaksanakan kegiatan social sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat sehingga peran mahasiswa lebih terasa di masyarakat.
Kegiatan utama KS Perencanaan adalah IPB Carbon Count (ICC) yang merupakan kegaitan pengukuran karbon di lingkungan kampus IPB Dramaga. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui stok karbon di kampus IPB. Data hasil pengukuran carbon akan dibadingkan degnan data pengukuran carbon sebelumnya sehingga dapat diketahui apakah terjadi pengukrangan jumlah karbon atau bahkan penambahan jumlah karbon di Kampus IPB Dramaga. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam kegiatan pengelolaan kampus yang berbasis lingkungan. Selain ICC, KS Perencanana memiliki perananan yang penting dalam kegiatan Inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yagn merupakan program kerja utama dari KS Pemanfaatan dan kegiatan Ecologycal Social Mapping (ESM) yang merupakan program kerja utama dari KS Sosek. (SA.2015)
Great Planner for Better Planning

SARDIANTO (2)

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *