Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University

BINA HUTAN RAKYAT (BHR) 2014

_MG_8703

Proker tahunan dari divisi keprofesian yaitu BHR (Bina Hutan Rakyat)  kali ini diadakan pada 11 Oktober lalu di kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Karya Sari.
BHR 2014 merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa Manajemen Hutan kepada masyarakat terutama masyarakat sekitar hutan. Ketua pelaksana dari kegiatan ini adalah Faris Rafi Almay W. Manajemen Hutan 49. BHR 2014 mengusung tema ” Lakukan yang Terbaik untuk Hutan Rakyat yang Lebih Baik”. Kegiatan ini bermaksud membantu masyarakat dalam mengembangkan hutan rakyat dengan memberikan alternatif-alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam membangun hutan rakyatnya. Berbeda dari BHR tahun 2013 yang mengusung tema agroforestri dengan memberikan bantuan bibit jahe merah pada masyarakat desa hutan, BHR tahun ini FMSC bekerja sama dengan persemaian permanen IPB memberikan bantuan bibit gmelina, akasia, dan sengon. Total bibit yang dibagikan sejumlah 5000 bibit.

Acara BHR ini dimulai dengan FGD (Focus Group Discussion) antara masyarakat dari kelompok tani di desa Karya Sari, kepala desa, dosen fakultas kehutanan Bapak Cahyo Wibowo dan beberapa perwakilan mahasiswa Manajemen Hutan. Selain FGD beberapa panitia juga mengadakan kegiatan edukasi untuk anak-anak dari desa tersebut seperti mengajari anak-anak tentang urgensi menanam melalui lagu-lagu dan permainan edukatif lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan menanam pada anak-anak sedini mungkin.
Puncak dari acara ini adalah penanaman bibit oleh panitia BHR bersama masyarakat dan juga anak-anak dari desa tersebut. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada perwakilan dari masyarakat, foto bersama dan diakhiri dengan makan siang bersama.

_MG_8638_MG_8688_MG_8694_MG_8717

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *